Jurnal Penelitian
Judul
: PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAPA MOTIVASI BELAJAR SISWA
KELAS VII SMP NEGERI 1 KABILA KAB.BONEBOLANGO
Oleh
: IFDIANTO ANGGI
Review
: Keberhasilan pendidikan di sekolah bukan hanya merupakan hasil perjuangan guru
dan anak sebagai siswa, tetapi keberpihakan orang tua yang memberikan dukungan
berupa perhatian, dorongan dan pengawasan kepada anaknya ikut memberikan andil.
Perhatian orang tua pada aktifitas belajar anak dapat memberikan motivasi belajar
anak dengan segala yang berhubungan dengannya, dapat memberikan motivasi
belajar yang tinggi dan memunculkan simpati anak kepada orang tua yang pada
akhirya dapat menumbuhkan kepercayaaan pada diri anak. Perhatian orang tua
sesungguhnya merupakan investasi kepada anak dalam meningkatkan motivasi
belajarnya, dan membantu memaksimalkan perkembangan kepribadian serta prestasi
belajar. Salah satu hasil penelitian yang membuktikan tentang peran orang tua
sebagai faktor utama dalam meningkatkan motivasi belajar anaknya antara lain
penelitian yang di lakukan oleh benjamin bloom ( Reni & Hawadi, 2001:96 )
yang menunjukkan bahwa “dorongan orang tua merupakan hal yang utama di dalam mengarahkan
(goal) atau cita-cita anak’’. Keadaan yang demikian terjadi di
SMP Negeri 1 Kabila, di mana sekolah ini menampung siswa dari berbagai macam
latar belakang ekonomi orang tua yang berbeda. Keragaman latar belakang ekonomi
orang tua tersebut dapat berpengaruh pula pada kemampuan membiayai kepada
anak-anaknya, sehingga status sosial ekonomi orang tua merupakan salah satu
faktor yang menentukan keberhasilan pendidikan anak. Metode penelitian
ini adalah penelitian kuantitatif dengan pola deskriptif korelasional yakni
pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas
VII SMP Negeri 1 Kabila.
Jurnal ini juga
menjelaskan tentang Pengertian Motivasi yang pada dasarnya motivasi adalah
suatu usaha yang disadari untuk menggerakkan, mengarahkan dan menjaga tingkah
laku seseorang agar ia terdorong untuk bertindak melakukan sesuatu, sehingga
mencapai hasil atau tujuan tertentu. Selain itu ada juga fungsi motivasi dalam
belajar yakni sebagai berikut: 1) mendorong manusia untuk berbuat sebagai
penggerak atau motor yang melepaskan energi. Motivasi dalam hal ini merupakan
motor penggerak dari setiap kegiatan yang akan dikerjakan; 2) menentukan arah perbuatan
yakni kearah tujuan yang hendak di capai.
Dengan demikian motivasi dapat memberikan arah dan kegiatan yang harus
dikerjakan sesuai dengan rumusan tujuannya; 3) menyeleksi perbuatan yakni
menentukan perbuatan-perbuatan apa yang harus dikerjakan yang serasi guna
mencapai tujuan, dengan menyi Oleh karena itu semakin tinggi kehidupan ekonomi
orang tua, maka semakin tinggi pula status sosialnya dalam masyarakat. sihkan
perbuatan yang tidak bermanfaat dengan tujuan tersebut”. Dan juga menjelaskan
status social ekonomi orang tua yaitu Menurut Linton (2008:1) bahwa “status sosial
adalah sekumpulan hak dan kewajiban yang di miliki seseorang dalam masyarakatnya’’.orang
yang memilki status sosial yang tinggi akan di tempatkan lebih tinggi dalam
struktur masyarakat dibandingkan dengan orang yang status sosialnya rendah. Tingkat
ekonomi keluarga tergantung juga dari jenis pekerjaan orang tua dan penghasilan
yang di terima oleh keluaraga.
Dalam penelitian ini
dapat di simpulkan bahwa terdapat
pengaruh positif antara “Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi
Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kabila”.Sehingga di dalam penelitian ini
kasus- kasus yang berkaitan dengan proses pemecahan masalah dapat diketahui
dari status sosial ekonomi orang Tua di dalam memberikan Motivasi Belajar Siswa
Kelas VII SMP Negeri 1 Kabila .
Dan saran sebagai
berikut :
1. Bagi orang tua yang status sosial ekonominya
kurang mampu atau rendah diharapkan agar selalu berupaya untuk mencari solusi
positif terhadap motivasi belajar anaknya.sehinga apa yang menjadi harapan
orang tua dan anaknya dapat tercapai dengan baik.
2. Bagi siswa yang
sedang dalam masa pendidikan disekolah agar dapat semangat didalam mengikuti
pelajaran dan tetap selalu berpedoman untuk masa depan agar lebih baik sehinga
dapat membagakan orang tua di kemudian hari. 10
3. Bagi kepala sekolah
dan guru kiranya dapat lebih memperhatikan kelangsungan pendidikan bagi siswa
yang memiliki status sosial ekonomi kurang orang tua kurang mampu atau lemah,
baik dengan memberikan beasiswa bagi yang berprestasi atau beasiswa kurang
mampu dan memberikan motivasi bagi mereka yang memiliki masalah dalam
pendidikan sehingga kebutuhan dasar dan moral siswa dapat terlaksana sesuai
harapan orang tua,siswa,kepala sekolah dan guru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar